DEPUTI BSN TERPILIH SEBAGAI ANGGOTA KOMITE EKSEKUTIF APAC

  • 18 Jun 2019
  • admin

Bendera Indonesia kian berkibar di kancah internasional. Deputi Bidang Akreditasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) sekaligus Sekretaris Jenderal Komite Akreditasi Nasional (KAN), Kukuh Syaefudin Achmad terpilih menjadi salah satu dari 7 anggota Komite Eksekutif Asia Pacific Accreditation Cooperation (APAC) untuk periode 2019 – 2022. Pemilihan dilakukan melalui voting elektronik oleh seluruh anggota APAC. Anggota Komite Eksekutif APAC dilantik dalam sidang pertama APAC pada tanggal 14-22 Juni 2019 di Singapura.

Peran utama APAC adalah mengelola dan memperluas pengaturan saling pengakuan (Mutual Recognition Agreement/MRA) di antara badan akreditasi di wilayah Asia Pasifik. MRA memfasilitasi penerimaan hasil penilaian kesesuaian - misalnya laporan pengujian, sertifikat pengujian, laporan inspeksi, dan sertifikasi - di seluruh kawasan Asia Pasifik dan dengan kawasan lain di seluruh dunia. Penilaian kesesuaian yang dihasilkan oleh lembaga penilaian kesesuaian (LPK) yang telah diakreditasi oleh salah satu penandatangan APAC MRA akan diterima oleh seluruh penandatangan APAC MRA. Pengakuan timbal balik dan penerimaan hasil penilaian kesesuaian ini mengurangi kebutuhan untuk melakukan pengujian rangkap, inspeksi atau sertifikasi, sehingga menghemat waktu dan uang, serta dapat meningkatkan efisiensi ekonomi dan memfasilitasi perdagangan internasional.

Sebagai anggota komite eksekutif, Kukuh bersama 6 anggota lain bertanggung jawab untuk memastikan organisasi APAC berjalan, diantaranya dengan memastikan koordinasi yang baik antar komite, menerima dan mendiskusikan semua laporan dari komite-komite, serta mereview dan memberikan persetujuan pengajuan anggota baru APAC. Berdasarkan data, saat ini terdapat 75 anggota APAC, yang terdiri dari 45 full member, 21 associate member, dan 9 afiliasi.

Sumber : http://www.bsn.go.id/main/berita/detail/10199/deputi-bsn-terpilih-sebagai-anggota-komite-eksekutif-apac#.XYR-YGZS_IU